DISPARITAS KARAKTERISTIK IBU TERHADAP ASPEK PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH USIA 5-6 TAHUN

Irbah, Nadya Afifah (2024) DISPARITAS KARAKTERISTIK IBU TERHADAP ASPEK PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH USIA 5-6 TAHUN. Skripsi, STIKes RSPAD Gatot Soebroto.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang: Prevalensi penyimpangan perkembangan pada anak usia 5 tahun di Indonesia, dilaporkan oleh WHO, mencapai lebih dari 200 juta anak di bawah 5 tahun di dunia yang tidak memenuhi potensi perkembangan mereka. Sebagian besar dari mereka tinggal di Asia dan Afrika. Menurut laporan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) 2016, sekitar 5-10% anak di bawah 5 tahun mengalami keterlambatan umum. Perkembangan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan antara disparitas karakteristik ibu yang mempengaruhi status perkembangan anak usia 5–6 tahun di PAUD SPS Melati Putih. Metode Penelitian: Penelitian kuantitatif dengan metode Observasional Analitik Korelasional. Populasi penelitian mencakup anak pra sekolah dan ibu dengan anak usia 5–6 tahun di PAUD SPS Melati Putih, Jakarta Pusat. Sampel diambil secara total, dengan 22 sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada ibu murid dan kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP). Hasil Penelitian: P-value menunjukkan hubungan signifikan antara tingkat pendidikan ibu (0,021), pekerjaan ibu (0,036), pendapatan keluarga (0,033), usia ibu (0,018) dengan status perkembangan anak. Tingkat pendidikan ibu memiliki arah hubungan yang kuat, menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan ibu, semakin baik pengetahuan, mengurangi penyimpangan perkembangan anak. Kesimpulan: Seluruh karakteristik ibu yang diteliti memiliki hubungan signifikan dengan perkembangan anak prasekolah usia 5–6 tahun. Masyarakat diharapkan memantau perkembangan anak dan berkolaborasi dengan petugas kesehatan untuk skrining perkembangan menggunakan KPSP Anak. Kata Kunci : Perkembangan anak,karakteristik ibu,pendidikan anak usia dini ABSTRACT Background: The prevalence of developmental deviations in 5-year-old children in Indonesia, as reported by the WHO, exceeds 200 million worldwide, with the majority residing in Asia and Africa. According to the 2016 report from the Indonesian Pediatric Society (IDAI), approximately 5-10% of children under 5 experience general developmental delays. Development is influenced by internal and external factors. The research aims to determine the relationship between maternal characteristics disparities affecting the developmental status of 5-6-year-old children in PAUD SPS Melati Putih. Research Method: A quantitative study using an Observational Analytical Correlational method. The study population includes preschool children and mothers with 5-6-year-old children at PAUD SPS Melati Putih, Central Jakarta. Total sampling method was used, resulting in 22 samples. Data collection involved questionnaires for mothers and developmental pre-screening questionnaires (KPSP). Research Results: P-values indicate a significant relationship between maternal education level (0.021), maternal occupation (0.036), family income (0.033), maternal age (0.018), and the child's developmental status. Maternal education level shows a strong correlation, suggesting that a higher level of maternal education leads to better knowledge and reduces developmental deviations in children. Conclusion: All examined maternal characteristics show a significant relationship with the developmental aspects of preschool children aged 5-6 years. It is recommended that communities monitor child development and collaborate with healthcare professionals for developmental screening using the KPSP for children. Keywords: Child development, maternal characteristics, early childhood education

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Depositing User: Mrs. Administrator STIKes RSPAD GS
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:03
Last Modified: 20 Mar 2024 02:03
URI: http://repository.stikesrspadgs.ac.id/id/eprint/1882

Actions (login required)

View Item View Item