PENGARUH EDUKASI DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG MITIGASI BENCANA KEBAKARAN PADA ANAK SDN BEJI TIMUR 1 KOTA DEPOK TAHUN 2024

Fanciska, Amellya Himawan (2025) PENGARUH EDUKASI DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG MITIGASI BENCANA KEBAKARAN PADA ANAK SDN BEJI TIMUR 1 KOTA DEPOK TAHUN 2024. Skripsi, S1 Kebidanan.

[img] Text
Franciska Amellya.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Franciska Amellya Himawan Program Studi : S1 Kebidanan Judul : Pengaruh Edukasi dengan Media Puzzle Terhadap Pengetahuan Tentang Mitigasi Bencana Kebakaran Pada Anak Sdn Beji Timur 1 Kota Depok Tahun 2024 Latar Belakang Edukasi kebencanaan memiliki peran penting dalam meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan terhadap bencana, terutama pada anak usia sekolah dasar yang rentan terhadap dampak bencana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi dengan media puzzle terhadap peningkatan pengetahuan mitigasi bencana kebakaran pada siswa SDN Timur 1 Kota Depok tahun 2024. Metode Metode penelitian menggunakan pre-experimental design dengan pendekatan one group pretest-posttest. Penilaian dilakukan menggunakan kuesioner sebelum dan sesudah intervensi, dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk menganalisis data. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum edukasi, pengetahuan responden sebagian besar berada pada kategori kurang (24,1%), cukup (32,8%), dan baik (43,1%). Setelah edukasi, pengetahuan meningkat dengan 98,3% responden masuk kategori baik. Uji Wilcoxon signed rank test menunjukkan p < .001. Dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Observasi juga menunjukkan bahwa siswa aktif, semangat, dan saling berdiskusi saat menyusun puzzle. Sebagian besar siswa mampu menyelesaikan puzzle secara dan menjelaskan isi materi yang terkandung dalam puzzle. Kesimpulan Terdapat pengaruh edukasi dengan media puzzle terhadap pengetahuan anak SDN BejiTimur 1 Kota Depok Tahun 2024. Dengan demikian, media puzzle dapat menjadi metode edukasi yang menarik, interaktif, dan efektif dalam meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana pada siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Edukasi Kebencanaan, Mitigasi Bencana Kebakaran, Media Puzzle, Sekolah Dasar, Pengetahuan Siswa. IX ABSTRACT Name : Franciska Amellya Himawan Study Program : Bachelor Of Degree In Midwifery Title : The Effect of Education with Puzzle Media on Knowledge about Fire Disaster Mitigation in Children of East Beji 1 Depok City in 2024 Background Disaster education has an important role in increasing knowledge and preparedness for disasters, especially for elementary school children who are vulnerable to the impact of disasters. This study aims to analyze the influence of education with puzzle media on increasing knowledge of fire disaster mitigation in students of SDN Timur 1, Depok City in 2024. 2024. Method The research method uses a pre-experimental design with a one-group pretest-posttest approach. Assessment was carried out using pre- and post-intervention questionnaires, with the Wilcoxon Signed Rank Test to analyze the data. Result The results showed that before education, the knowledge of respondents was mostly in the categories of less (24.1%), sufficient (32.8%), and good (43.1%). After education, knowledge increased with 98.3% of respondents in the good category. The Wilcoxon signed rank test showed a p < .001. It can be concluded that Ho was rejected and Ha was accepted. Observations also show that students are active, enthusiastic, and discuss with each other when putting together puzzles. Most students are able to solve puzzles and explain the content of the material contained in the puzzles. Conclusion There is an influence of education with puzzle media on the knowledge of children at SDN BejiTimur 1, Depok City in 2024. Thus, puzzle media can be an interesting, interactive, and effective educational method in increasing disaster mitigation knowledge in elementary school students. Keywords: Disaster Education, Fire Disaster Mitigation, Puzzle Media, Elementary School, Student Knowledge.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Depositing User: Mrs. Administrator STIKes RSPAD GS
Date Deposited: 20 Feb 2025 02:33
Last Modified: 20 Feb 2025 02:33
URI: http://repository.stikesrspadgs.ac.id/id/eprint/2211

Actions (login required)

View Item View Item