HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA, GURU DAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEPATUHAN KONSUMSI TABLET FE PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 79 JAKARTA

Olviany, Ayu Anggraeni (2025) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA, GURU DAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEPATUHAN KONSUMSI TABLET FE PADA REMAJA PUTRI DI SMP NEGERI 79 JAKARTA. Skripsi, S1 Kebidanan.

[img] Text
Olviany ayu.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : OLVIANY AYU ANGGRAENI Program Studi : S1 Kebidanan Judul Skripsi : Hubungan Dukungan Keluarga, Guru dan Teman Sebaya dengan Kepatuhan Konsumsi Tablet Fe pada Remaja Putri di SMP Negeri 79 Jakarta Latar Belakang Anemia akibat defisiensi zat besi merupakan masalah umum pada remaja putri. Kepatuhan dalam konsumsi tablet Fe sangat penting untuk pencegahan anemia dan kesehatan reproduksi. Di Asia Tenggara, anemia menyerang 244 juta orang, dengan 25,8% remaja putri di Indonesia mengalami kondisi ini. Di DKI Jakarta, prevalensi anemia mencapai 32,2% pada 2023, sementara di Jakarta Pusat dan Kemayoran tercatat masing-masing 52,08% dan 58,6% pada 2024. Pemerintah menerapkan program Tablet Fe di sekolah untuk menanggulangi masalah ini. Faktor sosial, seperti dukungan keluarga, guru, dan teman sebaya, berperan penting dalam kepatuhan konsumsi tablet Fe. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi hubungan antara dukungan tersebut dengan kepatuhan remaja di SMP Negeri 79 Jakarta. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei analitik dengan metode cross-sectional melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 57 siswi. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank untuk melihat hubungan antar variabel. Hasil Mayoritas responden menerima dukungan keluarga dalam kategori kurang (56,1%), dukungan guru baik (42,1%), dan dukungan teman sebaya kurang (59,6%). Dari 57 responden, 75,4% tidak patuh dalam konsumsi tablet Fe. Analisis menunjukkan ρ�value < 0,001 pada ketiga variabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga (r = 0,724), guru (r = 0,555), dan teman sebaya (r = 0,677) dengan kepatuhan remaja putri dalam mengkonsumsi tablet Fe. Kesimpulan Tedapat hubungan yang kuat dan searah antara dukungan dari keluarga, guru, dan teman sebaya dengan kepatuhan remaja putri dalam mengkonsumsi tablet Fe pada remaja putri di SMP Negeri 79 Jakarta. Kata Kunci: Anemia, Kepatuhan, Tablet Fe, Dukungan Keluarga, Dukungan Guru, Dukungan Teman Sebaya x ABSTRACT Name : OLVIANY AYU ANGGRAENI Study Program : Bachelor of Midwifery Title : The Relationship Between Family, Teacher, and Peer Support with Adherence to Iron Folic Acid Tablet Consumption in Adolescent Girls at SMP Negeri 79 Jakarta. Background Iron deficiency anemia is a common issue among adolescent girls. Compliance with iron tablet consumption is crucial for anemia prevention and reproductive health. In Southeast Asia, anemia affects 244 million people, with 25.8% of adolescent girls in Indonesia experiencing this condition. In DKI Jakarta, anemia prevalence reached 32.2% in 2023, while in Jakarta Pusat and Kemayoran, it was recorded at 52.08% and 58.6% in 2024, respectively. The government has implemented the Iron Tablet program in schools to address this issue. Social factors, such as family, teacher, and peer support, play a crucial role in compliance with iron tablet consumption. This study aims to explore the relationship between these supports and adolescent compliance at SMP Negeri 79 Jakarta. Metode This study used a quantitative approach with an analytical survey design and a cross�sectional method through questionnaires. The sampling technique used was purposive sampling, with a total sample of 57 female students. Data analysis was conducted using the Spearman Rank test to assess the relationships between variables. Result The majority of respondents received low family support (56.1%), good teacher support (42.1%), and low peer support (59.6%). Out of 57 respondents, 75.4% were non�compliant in consuming Fe tablets. Analysis showed a ρ-value < 0.001 for all three variables, indicating a significant relationship between family support (r = 0.724), teacher support (r = 0.555), and peer support (r = 0.677) with adolescent girls’ compliance in consuming Fe tablets. Conclution There is a strong and positive relationship between family, teacher, and peer support with compliance in Fe tablet consumption among adolescent girls at SMP Negeri 79 Jakarta. Keyword: Anemia, Compliance, Fe Tablets, Family Support, Teacher Support, Peer Support.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Depositing User: Mrs. Administrator STIKes RSPAD GS
Date Deposited: 20 Feb 2025 07:11
Last Modified: 20 Feb 2025 07:11
URI: http://repository.stikesrspadgs.ac.id/id/eprint/2221

Actions (login required)

View Item View Item