WIAUDRY, BIASTRY NINGSIH (2025) HUBUNGAN ANEMIA DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWI TINGKAT I PRODI S1 KEPERAWATAN STIKes RSPAD GATOT SOEBROTO. Skripsi, S1 Keperawatan STIKes RSPAD Gatot Soebroto.
|
Text
wiaudry biastry Ningsih.pdf Download (3MB) |
Abstract
Judul : Hubungan Anemia Dengan Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswi Tingkat I Prodi S1 Keperawatan STIKes RSPAD Gatot Soebroto Latar Belakang: Anemia masih menjadi masalah kesehatan yang terus meningkat terutama dikalangan usia remaja karena dapat berdampak pada kinerja akademik terutama pada penurunan konsentrasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji hubungan antara anemia dengan konsentrasi belajar pada mahasiswi tingkat I Prodi S1 Keperawatan STIKes RSPAD Gatot Soebroto. Metode: penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan studi analitik korelasi dan desain cross-sectional. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 66 mahasiswi. Data diambil melalui kuesioner konsentrasi belajar dan pemeriksaan kadar hemoglobin, lalu dianalisa menggunakan uji Chi-Square. Hasil: penelitian ini menunjukan mayoritas mahasiswi menderita anemia dengan kategori sedang dan memiliki konsentrasi belajar yang kurang (67,6%) dengan nilai p-value sebesar 0,014 yang menunjukkan p < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara anemia dengan konsentrasi belajar pada mahasiswi tingkat I Prodi S1 Keperawatan STIKes RSPAD Gatot Soebroto. Kata kunci: Anemia; Konsentrasi belajar; Mahasiswi. Title : The Relationship Between Anemia and Concentration of Learning in Level I Students of S1 Nursing Study Program STIKes RSPAD Gatot Soebroto Background: Anemia is still a health problem that continues to increase, especially among adolescents because it can have an impact on academic performance, especially in reducing learning concentration. The purpose of this study was to examine the relationship between anemia and learning concentration in first year students of S1 Nursing Study Program of STIKes RSPAD Gatot Soebroto. Methods: the research used was a quantitative approach with a correlation analytic study design and cross-sectional design. Samples were taken using simple random sampling technique with a total sample size of 66 female students. Data were collected through a study concentration questionnaire and examination of hemoglobin levels, then analyzed using the Chi-Square test. Results: This study shows that the majority of female students suffer from anemia in the moderate category and have poor learning concentration (67.6%) with a p-value of 0.014 which shows p <0.05 which means Ho is rejected and Ha is accepted. Conclusion: There is a significant relationship between anemia and learning concentration in first year students of S1 Nursing Study Program of STIKes RSPAD Gatot Soebroto. Keywords: Anemia; Learning concentration; Female students.
| Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Mrs. Administrator STIKes RSPAD GS |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 06:26 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 06:26 |
| URI: | http://repository.stikesrspadgs.ac.id/id/eprint/2316 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
