HUBUNGAN PERILAKU BULLYING DENGAN KONSEP DIRI PADA SISWA SISWI DI SMKN 15 KOTA BEKASI TAHUN 2024

VINAYA, AJENG PRAMESTI (2025) HUBUNGAN PERILAKU BULLYING DENGAN KONSEP DIRI PADA SISWA SISWI DI SMKN 15 KOTA BEKASI TAHUN 2024. Skripsi, S1 Keperawatan STIKes RSPAD Gatot Soebroto.

[img] Text
Vinaya Ajeng.pdf

Download (4MB)

Abstract

Judul : Hubungan Perilaku Bullying dengan Konsep Diri pada Siswa Siswi di SMKN 15 Kota Bekasi Tahun 2024 Latar Belakang: Kasus bullying pada remaja dilingkungan sekolah menjadi trend dan marak diperbincangkan oleh para media. Bullying adalah perilaku kekerasan yang dapat menimbulkan dampak jangka pendek atau jangka panjang terhadap kesehatan fisik atau mental seseorang dan dapat berujung pada kematian. Remaja yang menjadi korban bullying mempunyai karakteristk tertentu yaitu korban cenderung berbeda dalam penampilan dan kebiasaan hidup sehari-hari. Remaja yang menjadi korban bullying cenderung memiliki konsep diri yang negatif. Oleh karna itu para korban bullying cenderung tidak menyukai dan menerima keadaan mereka, yang dapat menurunkan rasa kepercayaan diri dan harga diri mereka. Metode: Desain penelitian menggunakan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil secara stratified random sampling sebanyak 77 responden. Kuesioner yang digunakan adalah the form of bullying scale (FBS-P) dan tennese self concept scale (TSCS). Hasil: Responden yang mengalami perilaku bullying sebanyak 28 responden (36,4%), responden yang memiliki konsep diri negatif sebanyak 60 responden (71,9%). Dari analisis statistik menggunakan uji Chi-square didapatkan nilai p-value sebesar 0,003. Kesimpulan: Berdasarkan uji Chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku bullying terhadap konsep diri pada siswa siswi SMKN 15 Kota Bekasi Tahun 2024. Kata kunci: Bullying, Konsep diri, Remaja Title : Relationship between Bullying Behavior and Self-Concept Students at SMKN 15 Bekasi City in 2024 Introduction: Bullying cases among teenagers in the school environment have become a trend and are widely discussed by the media. Bullying is violent behavior that can have short-term or long-term impacts on a person's physical or mental health and can lead to death. Adolescents who are victims of bullying have certain characteristics, namely that victims tend to be different in appearance and daily living habits. Teenagers who are victims of bullying tend to have a negative self-concept. Therefore, victims of bullying tend to dislike and accept their situation, which can reduce their self-confidence and self-esteem. Methods: The research design used quantitative with a cross sectional approach. The sample was taken by stratified random sampling as many as 77 respondents. The questionnaires used were the form of bullying scale (FBS-P) dan tennese self concept scale (TSCS). Results: Respondents who experienced bullying behavior were 28 respondents (36.4%), respondents who had a negative self-concept were 60 respondents (71.9%). From statistical analysis using the Chi-square test, the pvalue is 0,003. Conclusion: Based on the Chi-square test, it shows that there is a significant relationship between the bullying behavior and the self-concept of students at SMKN 15 Bekasi in 2024. Keywords: Bullying, Self-Concept, Adolescent

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Administrator STIKes RSPAD GS
Date Deposited: 21 Oct 2025 06:35
Last Modified: 21 Oct 2025 06:35
URI: http://repository.stikesrspadgs.ac.id/id/eprint/2318

Actions (login required)

View Item View Item