Hubungan Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tutorial Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Program Studi D3 Kebidanan UNPAD

Annisaa Nuurjannah, Febri Hubungan Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tutorial Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Program Studi D3 Kebidanan UNPAD. Jurnal JKFT, 5 (1). pp. 80-91. ISSN p-ISSN 2502-0552; e-ISSN 2580-2917

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DI PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN UNPAD)
HUBUNGAN-PELAKSANAAN-METODE-PEMBELAJARAN-TUTORIAL-DENGAN-KEMAMPUAN-BERPIKIR-KRITIS-MAHASISWA-DI-PROGRAM-STUDI-D3-KEBIDANAN-UNPAD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.umt.ac.id/

Abstract

Metode pembelajaran tutorial merupakan bagian dari strategi instruksional yang berfungsi sebagai cara untuk menyajikan, menguraikan, memberi contoh, dan memberi latihan kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan metode pembelajaran tutorial dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa di program studi D3 kebidanan UNPAD. Analitik dengan pendekatan cross sectional. Menggunakan data primer melalui kuesioner. Populasi pada penelitian ini seluruh mahasiswa angkatan VIII yang berjumlah 64 orang, dengan sampel seluruh mahasiswa angkatan VIII yang telah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran tutorial yang berjumlah 64 orang. Data dianalisis dengan teknik korelasi Rank Spearman dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Ditemukan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran tutorial memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Berada pada kategori baik yaitu sebesar 70,31%, dan tingkat kemampuan berpikir kritis mahasiswa berada pada kategori sedang yaitu 57, 81%. Berdasarkan korelasi Rank Spearman koefisien korelasi (r = 0,402) yang berarti terdapat keeratan hubungan pada kategori sedang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran tutorial, Berpikir Kritis
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs. Admin Perpustakaan
Date Deposited: 07 Aug 2020 03:57
Last Modified: 31 Aug 2020 03:25
URI: http://repository.stikesrspadgs.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item View Item