HUBUNGAN PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DI PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN UNPAD

Annisaa Nuurjannah, Febri (2020) HUBUNGAN PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DI PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN UNPAD. Jurnal JKFT, 5 (1). pp. 80-91. ISSN 2580-2917

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DI PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN UNPAD)
HUBUNGAN_PELAKSANAAN_METODE_PEMBELAJARAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (92kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran tutorial merupakan bagian penting dari strategi pembelajaran yang berfungsi dalam mempresentasikan, menguraikan, memberikan cara lain, dan memberikan praktik atau latihan kepada siswa guna mencapai tujuan pembelajaran tertentu dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan metode pembelajaran tutorial dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa di program studi D3 kebidanan UNPAD. Analitik kegiatan penelitian ini adalah dengan pendekatan cross sectional. Menggunakan data yang ditemukan secara langsung oleh peneliti melalui metode kuesioner. Populasi yang digunakan pada kegiatan riset ini adalah seluruh mahasiswa kebidanan angkatan VIII yang berjumlah 64 orang, dengan sampel seluruh mahasiswa angkatan VIII yang telah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran tutorial yang berjumlah 64 orang. Data dianalisis dengan teknik korelasi Rank Spearman hasil penelitian disajikan dalam bentuk narasi dan tabel distribusi frekuensi. Ditemukan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran tutorial memilikihubungan yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Berada pada kategori baik yaitu sebesar 70,31%, dan tingkat kemampuan berpikir kritis mahasiswa berada pada kategori sedang yaitu 57, 81%. Berdasarkan korelasi Rank Spearman koefisien korelasi (r = 0,402) yang berarti terdapat keeratan hubungan pada kategori sedang

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran tutorial, Berpikir Kritis
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs. Admin Perpustakaan
Date Deposited: 11 Aug 2020 05:09
Last Modified: 11 Aug 2020 05:09
URI: http://repository.stikesrspadgs.ac.id/id/eprint/298

Actions (login required)

View Item View Item