FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA PRODI D-III KEBIDANAN DI STIKES RSPAD GATOT SOEBROTO PERIODE JANUARI-FEBRUARI 2021

AYAKEDING, HANA and FITRI, REVIKA ENDRIANSA and RAHAYU, SRI (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA PRODI D-III KEBIDANAN DI STIKES RSPAD GATOT SOEBROTO PERIODE JANUARI-FEBRUARI 2021. Diploma thesis, STIKES RSPAD GATOT SOEBROTO.

[img] Text
KTI REVIKA FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA PRODI D-III KEBIDANAN DI STIKES RSPAD GATOT SOEBROTO PERIODE JANUARI-FEBRUARI 2021 Hana Ayakeding 1, Revika Endriansa Fitri 2, Sri Rahayu3 Mahasiswa Prodi DIII STIKes RSPAD Gatot Soebroto Abstrak Latar Belakang : Berdasarkan data terbaru dari World Health Organization (WHO) pada pada tanggal 1 Februari 2021 di Indonesia terdapat 1.089.308 kasus yang terkonfirmasi positif, 883.682 pasien sembuh, dan 30.277 pasien yang meninggal dunia. Dari banyaknya kasus terinfeksi tersebut Kemendikud mengeluarkan kebijakan yaitu berubahnya pola kebiasaan siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar yang awalnya dilakukan secara tatap muka (offline) menjadi pembelajaran daring (online). Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa tingkat 2 Prodi DIII Kebidanan di STIKes RSPAD Gatot Soebroto periode Januari-Februari 2021. Metode Penelitian : Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dari penelitian ini berjumlah 59 orang. Sedangkan sampelnya adalah semua populasi mahasiswa tingkat 2 Prodi DIII Kebidanan berjumlah 59 orang yang diambil dengan cara sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui google form. Analisis data menggunakan aplikasi software (SPSS) Versi 22. Hasil Penelitian : Mahasiswa yang memiliki efektivitas pembelajaran daring berkategori baik sebanyak 51 responden (86,4%) sedangkan mahasiswa yang memiliki efektivitas belajar baik dengan sarana dan prasarana baik ada 49 responden (92,5%). Berdasarkan uji statistik Chi Square diperoleh nilai p 0,002 < 0,05 . Kesimpulan : Efektivitas pembelajaran daring pada mahasiswa tingkat 2 termasuk kategori baik. Berdasarkan uji statistik Chi Square sarana dan prasaran penunjang berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran daring (p 0,002 < 0,05). Kata Kunci: Efektivitas pembelajaran, sarana dan prasarana penunjang, motivasi belajar, metode pengajaran dosen Daftar Pustaka: 12 Buku, 40 Jurnal, 3 Situs Internet

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QP Physiology
Depositing User: Mrs. Administrator AKBID RSPAD
Date Deposited: 09 Jun 2021 04:48
Last Modified: 09 Jun 2021 04:48
URI: http://repository.stikesrspadgs.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item View Item