Hubungan Tingkat Pengetahuan, Pola Asuh Orang Tua dan Lama Penggunaan Gadget Pada Anak Pra Sekolah Terhadap Perkembangan Sosial di TK AL-JIHAD Jakarta Utara

AZQIA, DWI SEVIANY (2025) Hubungan Tingkat Pengetahuan, Pola Asuh Orang Tua dan Lama Penggunaan Gadget Pada Anak Pra Sekolah Terhadap Perkembangan Sosial di TK AL-JIHAD Jakarta Utara. Skripsi, S1 Kebidanan.

[img] Text
Azqia Dwi seviany.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Azqia Dwi Seviany Program Studi : S1 Kebidanan Judul : Hubungan Tingkat Pengetahuan, Pola Asuh Orang Dan Lama Penggunaan Gadget Pada Anak Prasekolah Terhadap Perkembangan Sosial di TK Al-JIHAD Jakarta Utara Latar Belakang Penggunaan gadget pada anak prasekolah menjadi fenomena yang umum, tetapi dapat mempengaruhi perkembangan sosial anak. Tingkat pengetahuan orang tua dan pola asuh memiliki peran signifikan dalam mengarahkan dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan anak. Gadget World Health Organization (WHO) dilaporkan bahwa 5-25% anak-anak usia pra sekolah menderita disfungsi otak minor pada penggunaan gadget yang tidak tepat berdampak pada Kesehatan maupun perkembangan anak serta interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya hubungan tingkat pengetahuan, pola asuh orang tua dan lama penggunaan gadget pada anak prasekolah terhadap perkembangan sosial di TK AL�JIHAD Jakarta Utara tahun 2024. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Cross-sectional. Populasi sebanyak 50 anak pra sekolah usia 6 tahun dan orang tua dengan metode teknik total sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan lembar KPSP untuk mengetahui perkembangan anak pra sekolah. Kuesioner yang berupa pertanyaan tertutup telah dinyatakan valid dan realibel dari kuesioner peneliti sebelumnya. Data analisis ini menggunakan uji Chi Square. Hasil Hasil penelitian ini menunjukan mayoritas orang tua memiliki tingkat pengetahuan yang cukup (72%), menerapkan pola asuh demokratis (94%), dan membatasi durasi penggunaan gadget anak hingga ≤1 jam per hari (94%). adanya hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan, pola asuh orang tua dan lama penggunaan gadget pada perkembangan sosial (nilai p=0,000 <0,05). Kesimpulan Terdapat hubungan tingkat pengetahuan, pola asuh orang tua dan lama penggunaan gadget pada anak prasekolah terhadap perkembangan sosial di dengan nilai p 0,000 < 0,05 di TK AL-JIHAD Jakarta Utara. Kata Kunci: Pengetahuan, Pola Asuh, Gadget, Prasekolah, Perkembangan Sosial xii ABSTRACT Name : Azqia Dwi Seviany Study Program : Bachelor of degree in midwifery Title : The Relationship between Knowledge Level, Parenting Style, and Duration of Gadget Use in Preschool Children to Social Development at Al-JIHAD Kindergarten, North Jakarta Introduction The use of gadgets in preschool children is a common phenomenon, but it can affect children's social development. The level of parental knowledge and parenting has a significant role in directing the impact of gadget use on child development. The World Health Organization (WHO) reported that 5-25% of preschool-age children suffer from minor brain dysfunction due to the inappropriate use of gadgets that have an impact on children's health and development as well as social interaction. This study aims to analyze the relationship between knowledge level, parental parenting and the length of gadget use in preschool children to the social development of Al-Jihad Kindergarten in North Jakarta in 2024. Method This research uses a quantitative approach with a cross-sectional design. The population was 50 pre-school children aged 6 years and their parents using the total sampling technique method. The instruments used were questionnaires and KPSP sheets to determine the development of pre-school children. The questionnaire in the form of closed questions has been declared valid and reliable from previous researchers' questionnaires. This data analysis uses the Chi Square test. Results The results of this study show that the majority of parents have a sufficient level of knowledge (72%), apply a democratic parenting style (94%), and limit the duration of their children's gadget use to ≤1 hour per day (94%). There is a significant relationship between level of knowledge, parenting style and length of gadget use on social development (p value = 0.000 <0.05). Conclusion There is a relationship between the level of knowledge, parenting and the length of use of gadgets in preschool children to social development with a p 0,000 < 0.05, at Al-Jihad Kindergarten North Jakarta. Keywords: Knowledge, Parenting, Gadgets, Preschool, Social Development

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Depositing User: Mrs. Administrator STIKes RSPAD GS
Date Deposited: 18 Feb 2025 02:13
Last Modified: 18 Feb 2025 02:13
URI: http://repository.stikesrspadgs.ac.id/id/eprint/2184

Actions (login required)

View Item View Item