PENGARUH EDUKASI LAGU TERHADAP PENGETAHUAN ANAK TENTANG KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI GEMPA BUMI DI SDN GUNTUR 03 PAGI TAHUN 2024

Syifanda, Nasywa Khalisa (2025) PENGARUH EDUKASI LAGU TERHADAP PENGETAHUAN ANAK TENTANG KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI GEMPA BUMI DI SDN GUNTUR 03 PAGI TAHUN 2024. Skripsi, S1 Kebidanan.

[img] Text
Syifanda Nasywa K_2115201079 - Sulati.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Syifanda Nasywa Khalisa Program Studi : S1 Kebidanan Judul : Pengaruh Edukasi Lagu Terhadap Pengetahuan Anak Tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Gempa Bumi Di SDN Guntur 03 Pagi Tahun 2024 Latar Belakang Indonesia termasuk negara rawan gempa bumi karena berada di jalur Ring of Fire, dengan lebih dari 2000 kejadian bencana per tahun. Data BNPB menunjukkan bahwa anak-anak menjadi kelompok yang paling rentan, misalnya pada gempa bumi Cianjur tahun 2022, di mana 37% korban meninggal dunia adalah anak-anak. Ketidaksiapan anak dalam menghadapi bencana, seperti kurangnya pengetahuan dan keterampilan mitigasi, menjadi salah satu faktor risiko utama. Oleh karena itu, diperlukan media edukasi yang menarik, seperti lagu, untuk meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan bencana pada anak sejak dini. Metode Penelitian ini menggunakan desain one group pre-test post-test. Sampel penelitian terdiri dari 62 siswa SDN Guntur 03 Pagi yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Kemudian dibandingkan antara pengetahuan anak pada sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan media lagu. Analisis menggunakan uji Wilcoxon untuk mengukur efektivitas media lagu. Hasil Sebelum diberikan edukasi lagu, ada 79% responden memiliki pengetahuan kategori baik, 19,4% cukup, dan 1,6% kurang. Namun, setelah diberikan edukasi seluruh responden (100%) berpengetahuan baik. Penelitian ini membuktikan adanya pengaruh signifikan terhadap peningkatan pengetahuan anak tentang kesiapsiagaan gempa bumi (nilai p = 0,000). Kesimpulan Media lagu terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan anak terhadap kesiapsiagaan gempa bumi. Penggunaan media ini dapat menjadi metode alternatif untuk edukasi kesiapsiagaan bencana bagi anak-anak. Kata Kunci: edukasi lagu, gempa bumi, kesiapsiagaan, pengetahuan anak xi STIKes RSPAD Gatot Soebroto ABSTRACT Name : Syifanda Nasywa Khalisa Study Program : Bachelor of degree in midwifery Title : The Effect of Providing Education Using Song Media on Increasing Preparedness Knowledge in Dealing with Earthquakes in Children at SDN Guntur 03 Pagi in 2024 Background Indonesia is a country prone to earthquakes as it lies along the Ring of Fire, experiencing more than 2,000 disasters annually. Data from BNPB shows that children are among the most vulnerable groups. For instance, in the 2022 Cianjur earthquake, 37% of the fatalities were children. Children's lack of preparedness, including insufficient knowledge and mitigation skills, is a major risk factor. Therefore, engaging educational media, such as songs, is needed to improve children's disaster preparedness knowledge from an early age. Method This study employed a one-group pre-test post-test design. The research sample consisted of 62 students from SDN Guntur 03 Pagi, selected using a total sampling technique. Data were collected using a questionnaire and compared before and after providing education through songs. The Wilcoxon test was used to analyze the effectiveness of song-based education. Results Before the song-based education, 79% of respondents had good knowledge, 19.4% had moderate knowledge, and 1.6% had poor knowledge. However, after the intervention, all respondents (100%) had good knowledge. This study demonstrated a significant effect of song-based education on increasing children's earthquake preparedness knowledge (p�value = 0.000). Conclusion Songs have been proven effective in enhancing children's knowledge of earthquake preparedness. This medium can serve as an alternative method for disaster preparedness education for children. Keywords: song-based education, earthquake, preparedness, children's knowledge

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Depositing User: Mrs. Administrator STIKes RSPAD GS
Date Deposited: 18 Feb 2025 02:17
Last Modified: 18 Feb 2025 02:17
URI: http://repository.stikesrspadgs.ac.id/id/eprint/2186

Actions (login required)

View Item View Item