PENGARUH EDUKASI MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA KELAS 2 SD MENGENAI KEKERASAN SEKSUAL DI SDN KENARI 08 JAK-PUS

FERISCA, ANANDA PUTRI (2025) PENGARUH EDUKASI MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA KELAS 2 SD MENGENAI KEKERASAN SEKSUAL DI SDN KENARI 08 JAK-PUS. Skripsi, S1 Kebidanan.

[img] Text
Ferisca Ananda Putri.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Ferisca Ananda Putri Program Studi : S1 Kebidanan Judul : Pengaruh Edukasi Media Video Animasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa Kelas 2 SD Mengenai Kekerasan Seksual di SDN Kenari 08 Jak-Pus. Latar Belakang Menurut Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni PPA), hingga September 2024 tercatat 11.539 kasus kekerasan, dengan 9.073 korban perempuan dan 3.717 korban laki-laki. Selain itu, data RAINN tahun 2018 melaporkan 57.329 anak di seluruh dunia mengalami pelecehan seksual. Kekerasan seksual pada anak merupakan masalah serius yang membutuhkan perhatian khusus. Metode Penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-eksperimental, dengan rancangan pendekatan pretest-posttest one group design tanpa kelompok control. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas 2 SD yang dipilih secara random sampling. Intervensi dilakukan dengan memberikan edukasi melalui media video animasi selama 30 menit. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan kuesioner pengetahuan sebelum (pre) dan setelah (post) intervensi. Hasil Diketahuinya bahwa adanya pengaruh antara tingkat pengetahuan siswa sebelum dan setelah intervensi dengan menggunakan media edukasi video animasi mengenai kekerasan seksual pada siswa kelas 2 di SDN Kenari 08 Jakarta Pusat tahun 2024 dengan p-value 0.006 < 0,05. Kesimpulan Bahwa adanya peningkatan pengetahuan pada siswa dan perlakuan, media edukasi video animasi terbukti efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai kekerasan seksual. Kata Kunci: Pengetahuan, Edukasi, Siswa SD, Video Animasi, Kekerasan Seksual x ABSTRACT Name : Ferisca Ananda Putri Study Program : Bachelor of degree in midwifery Title : Pengaruh Edukasi Media Video Animasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa Kelas 2 SD Mengenai Kekerasan Seksual di SDN Kenari 08 Jak-Pus. Introduction According to the Online Information System for the Protection of Women and Children (Simfoni PPA), as of September 2024, 11,539 cases of violence have been recorded, with 9,073 female victims and 3,717 male victims. Additionally, data from RAINN in 2018 reported that 57,329 children worldwide experienced sexual abuse. Sexual violence against children is a serious issue that requires special attention. Method A quantitative study was conducted using a pre-experimental research design with a pretest-posttest one-group approach without a control group. The research subjects consisted of 30 second-grade elementary school students selected through random sampling. The intervention involved providing education using animated video media for 30 minutes. Measurements were conducted using a knowledge questionnaire administered before (pre) and after (post) the intervention. Results It was found that there was a significant effect on the knowledge level of students before and after the intervention using educational animated video media about sexual violence among second-grade students at SDN Kenari 08, Central Jakarta, in 2024, with a p-value of 0.006 < 0.05. Conclusion There was an increase in students' knowledge, and the intervention showed that educational animated video media proved effective in enhancing students' knowledge about sexual violence. Keywords: Knowledge, Education, Elementary School Students, Animated Video, Sexual Violence

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Depositing User: Mrs. Administrator STIKes RSPAD GS
Date Deposited: 20 Feb 2025 02:32
Last Modified: 20 Feb 2025 02:32
URI: http://repository.stikesrspadgs.ac.id/id/eprint/2210

Actions (login required)

View Item View Item