Sulati, . (2025) HUBUNGAN SOSIALISASI PENGETAHUAN TENTANG MITIGASI BENCANA DENGAN KESIAPSIAGAAN REMAJA DALAM MENGHADAPI SITUASI BENCANA BANJIR DI SMPN 7 JAKARTA. Skripsi, S1 Kebidanan.
![]() |
Text
Sulati.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Sulati Program Studi : S1 Kebidanan Judul : Hubungan Sosialisasi Pengetahuan Tentang Mitigasi Bencana Dengan Kesiapsiagaan Remaja Dalam Menghadapi Situasi Bencana Banjir Di SMPN 7 Jakarta Latar Belakang Bencana banjir merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia, termasuk di Jakarta. Kesiapsiagaan remaja dalam menghadapi bencana sangat penting untuk mengurangi risiko dan dampak yang ditimbulkan. Dari sekian banyak kegiatan mitigasi, satu yang paling strategis adalah pembelajaran atau pendidikan. Pendidikan merupakan wahana yang efektif untuk membangun perilaku dalam menghadapi bencana. Kesiapsiagaan sejak dini akan membuat masyarakat lebih siap ketika bencana itu datang. Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 60 responden. Penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling dengan uji korelasi yang digunakan penelitian ini adalah Uji Pearson Chi-Square. Hasil Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan sosialisasi mitigasi didapatkan pengetahuan siswa sebanyak 52 (%) dengan kategori baik dan tingkat kesiapsiagaan remaja dalam menghadapi bencana banjir sebanyak 43 (%) dengan kategori baik. Hasil Uji Pearson Chi-Square diperoleh p-value =0,200 yang lebih besar dari tingkat signifikansi 0,05. Kesimpulan Tidak terdapat hubungan antara yang signifikan antara sosialisasi pengetahuan mitigasi bencana dan kesiapsiagaan remaja dalam menghadapi situasi bencana banjir. Kata Kunci: Banjir, Sosialisasi, Pengetahuan Mitigasi, Kesiapsiagaan, Remaja x ABSTRACT Name : Sulati Study Program : Bachelor of degree in midwifery Title : The Relationship between Disaster Mitigation Socialization and Preparedness in Dealing with Flood Disasters in Students at SMPN 7 Jakarta Introduction Floods are one of the most frequent natural disasters in Indonesia, including in Jakarta. Youth preparedness in facing disasters is crucial to reducing the risks and impacts caused. Among the many mitigation activities, education is the most strategic approach. Education serves as an effective means to develop disaster-preparedness behavior. Early preparedness will enable communities to respond better when disasters strike. Method This study utilized a quantitative research method with a cross-sectional approach. Data were collected using a questionnaire from a sample of 60 respondents. Simple random sampling was employed, and the Pearson Chi-Square test was used for correlation analysis. Results The results of this study indicate that after disaster mitigation education, 52% of students were categorized as having good knowledge, and 43% of youth showed good preparedness in facing floods. The Pearson Chi-Square test yielded a p-value of 0.200, which is greater than the significance level of 0.05. Conclusion There is no significant relationship between disaster mitigation education and youth preparedness in dealing with flood situations. Keywords: Flood, Education, Mitigation Knowledge, Preparedness, Youth
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Depositing User: | Mrs. Administrator STIKes RSPAD GS |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 07:35 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 07:35 |
URI: | http://repository.stikesrspadgs.ac.id/id/eprint/2230 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |