NUR, INTAN PERMATA PUTRI PRATIWI (2025) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DAN KOGNITIF ANAK PRASEKOLAH DI PAUDQ TPQ ANNISA BEKASI. Skripsi, S1 Keperawatan STIKes RSPAD Gatot Soebroto.
|
Text
Nur Intan Permata Putri Pratiwi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Judul : Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial dan Kognitif Anak Prasekolah di PAUDQ TPQ ANNISA Bekasi Penggunaan gadget pada anak prasekolah telah menjadi fenomena yang semakin meluas di era digital. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial dan kognitif anak prasekolah di PAUDQ TPQ ANNISA Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi analitik korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 40 responden yang dipilih secara simple random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang mengukur pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget dan tingkat perkembangan sosial serta kognitif anak prasekolah. Data Analisis dengan menggunakan Uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukan secara statistik didapatkan nilai ρ > 0,001. Hal ini menyatakan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, dengan kata lain tidak adanya hubungan pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial dan kognitif anak prasekolah di PAUDQ TPQ ANNISA Bekasi dengan hasil arah korelasi positif dan kekuatan kolerasi rendah. Studi ini menggaris bawahi pentingnya peran pola asuh orang tua yang tepat dalam mendukung tumbuh kembang anak di era digital. Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Gadget, Perkembangan Sosial, Perkembangan Kognitif, Anak Prasekolah. Title : Parental Patterns In The Use Of Gadgets On The Social And Cognitive Development Of Preschool Children at PAUDQ TPQ ANNISA Bekasi The use of gadgets in preschool children has become an increasingly widespread phenomenon in the digital era. The purpose of this study was to analyze the relationship between parenting patterns in the use of gadgets and the social and cognitive development of preschool children at PAUDQ TPQ ANNISA Bekasi. The research method used was a correlational analytical study with a cross-sectional approach. Sample consisted of 40 respondents selected by simple random sampling. The research instrument was a questionnaire that measured parenting patterns in the use of gadgets and the level of social and cognitive development of preschool children. Data analysis using the Spearman Rank Test. Results of the study showed that statistically the value of ρ > 0.001 was obtained. This states that Ho is accepted and Ha is rejected, in other words there is no relationship between parenting patterns in the use of gadgets and the social and cognitive development of preschool children at PAUDQ TPQ ANNISA Bekasi with the results of a positive correlation direction and low correlation strength. This study underlines the importance of the role of appropriate parenting patterns in supporting child development in the digital era. Keywords : Parenting Patterns, Gadgets, Social Development, Cognitive Development, Preschool Children.
| Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Mrs. Administrator STIKes RSPAD GS |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:02 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:02 |
| URI: | http://repository.stikesrspadgs.ac.id/id/eprint/2345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
